Konsep
pendidikan menurut realisme natural, pengetahuan yang diakui adalah pengetahuan
yang diperoleh melalui pengalaman empiris dengan jalan observasi atau
pengamatan indera. Para pengikut realisme natural mengikuti teori pengatahuan
empirisme yang mengatakan pengalaman merupakan faktor fundamental dalam
pengetahuan dan merupakan sumber pengetahuan manusia. Namun disamping
itu menurut Imanuel Kant , pengetahuan mulai dari pengalaman namun
tidak semuanya dari pengalaman, dan pengalaman tidak hanya sekadar warna,
suara, bau yang diterima alat indera, melainkan hal-hal tersebut diatur dan
disusun menjadi suatu bentuk yang terorganisasi oleh pikiran kita.
Menurut
Henderson bahwa: yang pertama proses pendidikan berpusat pada tugas
mengembangkan laki-laki dan wanita menjadi hebat, yang kedua tugas manusia di
dunia adalah memajukan keadilan dan kesejahteraan umum; yakni pendidikan harus
dapat mencetak anak-anak bangsa sebagai generasi muda yang memiliki karakter
yang adil dan bijaksana sehingga dapat menciptakan kesejahteraan pada semua
orang, yang ketiga yaitu tujuan akhir pendidikan adalah memecahkan
masalah-masalah pendidikan. Adapun masalah-masalah pendidikan yang terjadi di
indonesia adalah kualitas guru yang masih rendah dan kurang professional dalam
mengajar peserta didik karena masih banyak guru yang kemampuan dan
pengetahuannya masih kurang dan masih banyak guru yang kurang profesional dalam
mengajar atau menyampaikan bahan ajaran kepada siswa sehingga dalam proses
belajar berlangsung masih banyak siswa yang tidak paham terhadap apa yang
disampaikan oleh guru dan bahkan siswa tidak tertarik untuk mengikuti proses
pembelajaran sehingga ketika guru sedang berbicara didepan siswa tidak
memperhatikan dengan keseluruhan antara fisik dan jiwanya (fisik atau tubuhnya
mengikuti proses pembelajaran namun jiwa dan pikirannya kemana-mana tidak ada
bersama tubuhnya yang sedang belajar), kualitas kurikulum yang belum
standar/sering adanya perubahan kurikulum, sering adanya perubahan kurikulum
pendidikan akan membuat proses belajar mengajar terganggu karena fokus
pembelajaran yang dilakukan oleh guru akan berganti mengikuti adanya kurikulum
yang baru dan konsep pembelajarannyapun kadang harus berubah sehingga
membuat siswa dan guru agak kerepotan karena harus mengubah konsep belajar yang
lama ke konsep belajar yang baru, kualitas infrastruktur yang belum memadai
dari dulu hingga sekarang menjadi masalah, infrastruktur
pendidikan masih menjadi hantu bagi pendidikan di Indonesia hal ini dikarenakan
masih banyaknya sekolah-sekolah yang belum menerima bantuan untuk perbaikan
sedangkan proses perbaikan dan pembangunan sekolah yang rusak atau tidak layak
dilakukan secara besar-besaran namun dana tidak mencukupi sehingga proses
pembangunan tidak kunjung selesai dan malah terbengkalai karena
hambatan dari dana yang tidak ada, sedangkan ada juga beberapa sekolah
yang sudah menerima dana untuk pembangunan dari pemerintah namun tidak
digunakan semestinya, dan masih banyak masalah-masalah pendidikan lainnya
yang terjadi di Indonesia.
Maka dari itu
kegiatan pendidikan harus universal, seragam, dimulai sejak pendidikan
yang paling rendah, dan merupakan suatu kewajiban untuk duduk dibangku
pendidikan atau merasakan dunia pendidikan. Pada tingkat pendidikan yang paling
rendah seperti TK dan SD, setiap anak akan menerima jenis
pendidikan yang sama tidak ada perbedaan walaupun berbeda tempatnya. Oleh
karena itulah, metode, isi, dan proses pendidikan harus seragam diseluruh
jenjang pendidikan. Namun disamping
itu, setiap manusia memiliki berbedaan dari segi minat atau
bakat, dan kemampuan seperti kemampuan intelektual yang menjadi syarat untuk
mencapai suatu tingkat pendidikan tertentu yang di inginkannya, serta kemampuan
dari segi ekonomi. . Oleh karena itu, pada tingkatan pendidikan yang
paling tinggi seperti Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun tingkat Perguruan
Tinggi tidak boleh hanya ada satu jenis pendidikan, melainkan harus
beraneka ragam jenis pendidikan. Dan di Indonesia sendiri sudah bagus
karena jenis pendidikannya sudah beraneka ragam mulai dari tingkat sekolah
menengah atas sampai perguruan tinggi. Namun kualitasnya masih rendah dan
belum dapat mencetak anak-anak bangsa menjadi manusia yang sesuai dengan
harapan. Karena yang kita lihat anak-anak zaman sekarang prilaku dan moralnya sangat
bobrok padahal disekolah maupun di perguruan tinggi diajarkan tentang moral dan
berperilaku sebagai manusia yang berpendidikan. Mengapa bisa demikian ? karena
pengajaran moralnya hanya sebatas teori saja tetapi tidak diimplikasikan dalam
kehidupan sehari-hari dan kurangnya perhatian dari orang tua.
Inisiatif dan
kreativitas dalam pendidikan terletak pada pendidik bukan pada peserta didik.
Maka dari itu pendidik harus mempunyai keterampilan dalam mengajar dan
profesionalitas selain itu materi atau bahan pelajaran yang baik adalah bahan
pelajaran yang memberi kepuasan pada minat dan kebutuhan pada peserta didik.
Namun, yang paling penting bagi pendidik adalah bagaimana memilih bahan
pelajaran yang baik dan benar sehingga dapat diterima dengan baik pula oleh
peserta didik dan peserta didikpun dapat mengimplikasikannya dalam kehidupan
sehari-hari, bukan hanya memberikan kepuasan terhadap minat dan kebutuhan pada
peserta didik saja. Memberi kepuasan terhadap minat dan kebutuhan siswa
hanyalah merupakan alat dalam mencapai tujuan pendidikan, atau merupakan
strategi mengajar yang bermanfaat bagi pendidik itu sendiri maupun bagi peserta
didik.
Disamping itu
dalam pandangan realisme kemampuan dasar dalam proses kependidikan yang
di alami lebih ditentukan perkembangannya oleh pendidikan atau lingkungan
sekitar, karena empiris ( pengalaman) pada hakikatnya yang membentuk manusia.
Pandangan realita terhadap tugas pengembangan kepribadian manusia adalah
dipikul orang tua dan para guru pada tiap periode berlangsung, yaitu anak didik
harus semakin bertambah kegiatan belajarnya dan mempunyai semangat yang
tinggi terhadap belajar untuk dapat menghayati kehidupan dari
kelompoknya (masyarakatnya) serta mau meneriama tanggung jawab yang wajar
dalam kaitannya dengan kehidupan tersebut. Kaum realis menyatakan
kebudayaan adalah tugas besar pertama dalam pendidikan karena kebudayaan
merupakan jati diri bangsa yang tidak boleh dilupakan dan merupakan suatu
kebanggan bagi suatu bangsa. Tujuan utama dan hasil dalam pedidikan
sangat dirasakan oleh orang tua dan guru yang juga bertanggung jawab
pada tiap periode yang berjalan, bahwa anak harus bertambah kegiatan
belajarnya dan mempunyai semangat yang tinggi terhadap
belajar untuk dapat menghayati kehidupan kelompoknya
(masyarakatnya) serta menerima tanggung jawab secara wajar terhadap hal-hal
yang berkaitan dengan kehidupan di dunia ini.
Pendidikan dalam
realisme memiliki keterkaitan erat dengan pandangan John locke bahwa akan
pikiran jiwa manusia tidak lain adalah tabula rasa, ruang kosong tak ubahnya
kertas putih kemudian menerima impresi dari lingkungan. Oleh karena itu
pendidikan dipandang dibutuhkan karena untuk membentuk setiap
individu agar mereka menjadi sesuai dengan apa yang dipandang baik.
Dengan demikian, pendidikan dalam realisme kerap indentikkan sebagai upaya
pelaksanaan psikologi behavioristik kedalam ruang pengajaran. (Wangsa
Gandhi HW, Teguh. 2011: 143).
Referensi / Daftar Fustaka
Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'
BalasHapusBANDAR BETTING ONLINE ASIA
BalasHapusBOLATAIPAN SITUS JUDI BOLA
KLUBTAIPAN SITUS PREDIKASI DAN JADWAL BOLA
Tidak Ada Minimal Deposit
Minimal Withdraw Rp50.000
Mainkan Sekarang Juga, DI Situs Judi Online Terpercaya Indonesia.!!
Cukup dengan 1 User ID sudah bisa bermain Banya games loh!! :)
Promo Yang berlaku Di
HOT PROMO :
- Bonus Deposit New Member 15%
- Bonus Deposit Setiap Hari 10%
- Bonus Cashback Mingguan Sportbook Hingga 15%
- Bonus Refrensi Seumur Hidup 2,5%
- Bonus Rollingan Casino 0.8%
- Bonus Rollingan Poker 0.2%
- Bonus Cashback Togel AGOGO4d 3%
Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.5% , 2D : 29.5%
Kombinasi = 5%
Shio = 12%
Colok Angka (1A) = 5%
Colok Macau (2A) = 15%
Colok Naga (3A) = 15%
Colok Jitu = 8%
Silahkan Di Add langsung sosmed Bolataipan ya bosku ^^
LINE : bolataipan
Twitter : @BolaTaipan
Fanspage : @BolaTaipan
Instagram : @bolataipan99
Telegram Channel : bit.ly/parlaybolajalan
WA: +62852-8309-0746 / bit.ly/wabolataipannew