Ketika
masyarakat masih terpana dengan kehadiran generasi Y (Milenium), mereka tidak
menyadari akan munculnya sebuah calon generasi baru yang lahir pada abad ke-21
yang lebih canggih dari generasi Y. Merekalah Generasi Platinum, yang lahir
sesudah tahun 2000. Seperti apakah ciri-ciri, kesukaan, sikap, aspirasi mereka?
Faktor-faktor dan kejadian-kejadian apa saja yang membentuk kepercayaan dan
tingkah laku mereka?
Psikolog
dari Universitas Paramadina, Alzena Masykouri, mengatakan bahwa generasi itu
lahir di masa keterbukaan teknologi, keterbukaan cara berpikir, keterbukaan
berperilaku, serta ketersediaan sarana pendidikan yang jauh lebih baik
dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya. "Penamaan sebagai
Generasi Platinum oleh para pakar dunia sebetulnya cuma istilah saja, untuk
membedakan generasi ini dari sebelumnya. Platinum sendiri mengacu pada sesuatu
yang mewah dan elegan,"
berbagai
software sistem operasi sudah memiliki kemampuan multitasking. Itulah sebabnya,
saat ini Anda bisa browsing di halaman web SmitDev, chatting, sambil
mendengarkan musik secara bersamaan.
situs jejaring sosial yakni suatu struktur
sosial yang terbentuk dari simpul-simpul (individu atau organisasi) yang
“diikat” atau dipersatukan oleh sebuah situs. Umumnya situs berfungsi sebagai
jalinan pertemanan dalam dunia maya. Namun banyak hal lagi yang dapat kita
lakukan disini (situs jejaring sosial).
Usaha-usaha guru dalam membelajarkan siswa
merupakan bagian yang sangat penting dalam mencapai keberhasilan tujuan
pembelajaran yang sudah direncanakan, oleh karena itu pemilihan berbagai
metode, strategi, pendekatan serta teknik pembelajaran merupakan suatu hal yang
utama
Diantaranya:
A. Multitasking
Multitasking adalah pemrosesan beberapa tugas pada waktu yang bersamaan.
Sebagai contoh, jika seseorang sedang menyetir, bertelepon lewat ponsel, dan
sambil merokok secara bersamaan, maka orang tersebut melakukan
multitasking.Multitasking adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa
Inggris yang mengacu kepada sebuah metode dimana banyak pekerjaan atau dikenal
juga sebagai proses diolah dengan menggunakan sumberdaya CPU yang sama.
Multitasking merupakan mekanisme kerja komputer. CPU komputer dapat
menangani beberapa proses dalam waktu yang sama secara akurat. Proses yang
dikerjakan tergantung
pada instruksi yang diberikan oleh software komputer.
Oleh sebab itu, untuk memanfaatkan kemampuan CPU secara maksimal, software yang
digunakan juga harus memiliki kemampuan multitasking. Saat ini, berbagai
software sistem operasi sudah memiliki kemampuan multitasking. Itulah sebabnya,
saat ini Anda bisa browsing di halaman web SmitDev, chatting, sambil
mendengarkan musik secara bersamaan. Multitasking memecahkan masalah ini dengan
memjadwalkan pekerjaan mana yang dapat berjalan dalam satu waktu, dan kapan
pekerjaan yang lain menunggu untuk diolah dapat dikerjakan. Kondisi
mengalokasikan CPU dari pekerjaan satu ke pekerjaan yang lain disebut context
switch. Ketika context switch terjadi dengan sangat cepat — kondisi ini cukup
untuk memberikan ilusi pengolahan-paralel. Bahkan dalam komputer yang memiliki
lebih dari satu CPU (disebut multi-prosesor), multitasking memperbolehkan lebih
banyak pekerjaan dijalankan dibanding dengan jumlah CPU yang tersedia
B.
Multimedia Learning
1.
Multimedia
Teknologi multimedia adalah salah satu teknologi baru
dalam bidang komputer yang memiliki kelebihan untuk menjadikan media
pembelajaran lebih lengkap. Multimedia ialah gabungan lebih dari satu media
dalam suatu bentuk komunikasi. Menurut Lancien (1998:7), multimedia pada masa
kini merujuk pada penggabungan dan pengintegrasian media, seperti teks,
animasi, grafik, suara, video kedalam sistem komputer.
2.
Kelebihan Multimedia
Sistem pembelajaran lebih inovatif dan interaktif
Mampu menambah motivasi siswa Mampu menvisualisasikan materi yang abstrak.
Mudah mengaksesnya untuk mencari informasi yang dibutuhkan Media yang lengkap
menyediakan banyak informasi.
3.
Kekeurangan Multimedia
Belum memadainya infrastruktur untuk daerah tertentu
Biaya untuk membuat maupun mengakses media berbasis informatika mahal. Belum
tentu semua siswa dapat mengaksesnya maupun menikmatinya. Pembuatannya susah
dan memakan banyak waktu dalam proses pembuatannya. Harus didukung oleh daya
penyalur, listrik maupun jaringan internet. Kekurangan Multimedia.
C. Online Sosial Networking
situs jejaring sosial yakni suatu struktur sosial yang
terbentuk dari simpul-simpul (individu atau organisasi) yang “diikat” atau
dipersatukan oleh sebuah situs. Umumnya situs berfungsi sebagai jalinan
pertemanan dalam dunia maya. Namun banyak hal lagi yang dapat kita lakukan
disini (situs jejaring sosial). Macam-macam situs jejaring sosial yaitu :
1)
MySpace
MySpace adalah situs jaringan sosial populer yang
menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik dan
video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. Markas situs ini terletak di
Beverly Hills, California, Amerika Serikat. Tetapi pada tahun 2005, News Corp
membeli MySpace dengan harga 580 juta dollar AS dan MySpace resmi berpindah
tangan menjadi milik News Corporation.
2)
Friendster
Friendster, yang ide penamaannya berasal dari nama
Napster, adalah sebuah situs web jaringan sosial di mana seorang pengguna akan
membuat identitas maya dan kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian
mendapatkan account di Friendster. Dalam Friendster, kita juga dapat melihat
teman dari teman kita dan teman dari teman dari teman kita, selain melihat
teman kita sendiri. Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams
dan sekarang sudah melewati masa beta test. Sejak awal 2005, Friendster juga
telah memulai fitur blog. Bahasanya juga sudah multi-language. Dan kini sudah
ada versi untuk mobile-ny
3)
Hi5 adalah salah satu situs jejaring sosial. Situs ini
pada tahun 2008 termasuk salah satu dari 20 situs jejaring sosial yang paling
sering dikunjungi oleh pengguna internet di seluruh dunia (sebagian besar orang
yang mengunjungi Hi5 terinstall toolbar Alexa dalam browser mereka. Pendiri Hi5
sendiri yakni Ramu Yalamanchi pada tahun 2003 yang juga menjabat sebagai CEO.
Pada bulan Januari 2009, Hi5 mengklaim dirinya memiliki lebih dari 60 juta
anggota atau member aktif.
4)
Facebook
Facebook adalah situs web jaringan sosial yang
diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang
lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada
awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya,
keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College,
Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan
semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang
selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah
peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu
universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung
dengan situs ini. Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah
tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang
dengan dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna
dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia,
seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.
Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.
Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.
5)
Twitter
Twitter adalah suatu situs web layanan jaringan sosial
dan mikroblog yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan
"pembaharuan" berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140
karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi
seperti Twitterrific dan Twitbin. Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh
perusahaan rintisan Obvious Corp. Kesuksesan Twitter membuat banyak situs lain
meniru konsepnya, kadang menawarkan layanan spesifik lokal suatu negara atau
menggabungkan dengan layanan lainnya. Suatu sumber bahkan menyebutkan bahwa
paling tidak ada 111 situs web yang memiliki layanan mirip dengan Twitter.
Alamat
URL:http://anak-conficker.blogspot.com/2010/09/contoh-situs-jejaring-sosial.html
D.
Online Info Searching
1. Cara Mencari Informasi di Internet dengan
Memaksimalkan Google Search
Ketenaran Google sebagai mesin pencari informasi
tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Di duni maya istilah Googling atau
mencari informasi melalui Google sudah menjadi kata yang sangat lazim dipakai.
Sementara itu sebagai sebuah OS buatan Google, wajar bila Android mengunakan
Google sebagai mesin andalan dalam melakukan pencarian seluruh informasi yang
dibutuhkan pengguna. Meski mencari informasi dari Google memang sangat mudah
cukup dengan mengetikkan beberapa kata kunci yang ingin dicari, namun memilih
hasil pencarian yang relevan dengan kebutuhan tentu bisa menjadi masalah yang
memusingkan bagi Anda. Namun nyatanya, masih banyak orang yang belum dapat
memaksimalkan Google dalam mencari informasi yang diinginkan.
E. Games,
Stimulation And Creative Expressive
Game siapa yang
tidak mengenal Game ? Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa pun senang untuk
memainkannya. Game berasal dari bahasa inggris yang memiliki arti
"permainan". Permainan dalam hal ini merujuk kepada pengertian
"kelincahan intelektual" (intellectual playability). Game juga bisa
di artikan sebagai arena keputusan dari aksi pemainnya karena ada target-target
yang ingin di capai, kelincahan intelektual pada tingkat tertentu juga
merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk di mainkan secara maksimal.
Pada era globalisasi saat ini, para pengelola industri game berlomba-lomba
untuk menciptakan game yang lebih nyata dan lebih menarik untuk para pemainnya.
Hal inilah yang membuat perkembangan games di komputer sangat cepat. Sehingga
games bukan hanya sekedar permainan untuk mengisi waktu kosong atau sekedar
hoby. Melainkan sebuah cara untuk meningkatkan kreatifitas dan intelektual para
penggunanya. Bahkan sebagai sebuah lapangan kerja. Jadi, bermain game
adalah suatu proses "fine tuning" (penyamaan frekuensi) dari logika
berfikir anak-anak kita dengan logika berfikir aplikasi komputer yang canggih.
Pada saat bersamaan, game juga secara nyata mempertajam daya analisis
penggunanya untuk mengelola informasi dan mengambil keputusan yang jitu dan
tepat.
Teknologi multimedia adalah salah satu teknologi baru
dalam bidang komputer yang memiliki kelebihan untuk menjadikan media
pembelajaran lebih lengkap. Multimedia ialah gabungan lebih dari satu media
dalam suatu bentuk komunikasi. Menurut Lancien (1998:7), multimedia pada masa
kini merujuk pada penggabungan dan pengintegrasian media, seperti teks,
animasi, grafik, suara, video kedalam sistem komputer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar