Kamis, 12 Januari 2017

Matematika Sebagai Ratu

Matematika merupakan bentuk susunan, besaran dan konsep-konsep yang mempunyai hubungan dengan yang lainnya, matematika juga bisa disebut sebagai pola pikir atau pembuktian suatu permasalahan secara logika dengan bahasanya yang terdefinisikan secara runtut dan jelas, akurat dan cermat. Matematika itu  pola atau hubungan, matematika itu suatu jalan atau pola pikir, matematika itu suatu seni, atematika itu suatu bahasa dan alat karena matematika bukanlah sebuah pengetahuan yang berdiri sendiri akan tetapi dengan adanya matematika dapat membantu masyarakat dalam memahami/mengusai permasalahan ekonomi, sosial dan alam. Matematika terbentuk oleh pemikiran manusia yang berhubungan erat dengan ide, proses dan penalaran.
Pemikiran (penalaran) ini bisa diartikan bahwasannya matematika terbentuk dari hasi hasil penalaran akal manusia, penalaran disini dimaksudkan sebagai langkah awal sebuah proses terbentuknya konsep-konsep matematika atau bisa juga bisa dimaksudkan sebagai langkah akhir. “ilmu pengetahuan yang diperoleh dari bernalar” (Elia Tinggih, 1972:5)
Tampaknya sudah lebih dari cukup penjelasan di atas untuk dapat dinilai bahwasannya matematika itu sebuah ilmu pelajaran yang sangat komplek sehingga ilmu pengetahuan lain tidak bisa lepas dari persoalan matematika juga, sekarang coba anda cari sebuah ilmu pengetahuan yang tidak mempunyai hubungan dengan matematika. Matematika sebagai ratunya pengetahuan? karena perkembangan dunia matematika tak bergantung pada pengetahuan lain tapi sebaliknya banyak ilmu pengetahan lain berkembang dari dasar konsep keilmuan matematika, ambil contoh sederhana teori-teori dari kimia dan fisika banyak diambil/dikembangkan dari konsep kalkus. dari kedudukannya matematika sebagai ratunya ilmu pengetahuan maka selain matematika tumbuh dan berkembang untuk dirinya sendiri juga melanyani pengetahuan-pengetahuan lain dalam perkembangan dan operasinya.
Contoh lain matematika sebagai ratunya ilmu pengetahuan :
  • Dari konsep probabilitas teori mendel dalam dunia biologi ditemukan
  • Masalah tentang kelistrikan bisa dipecahkan dengan perhitungan bilangan imajiner
  • Matematika dapat digunakan untuk memprediksi jumlah penduduk dalam ilmu kependudukan
  • Menaksir atau memperhitungkan jumlah energi yang dapat ditimbulkan oleh atom yang ditemukan oleh Einstein itu juga menggunakan matematika.
  • Dalam ilmu pendidikan n psikologi, khususnya teori belajar, selain digunakan statistik juga digunakan persamaan matematis untk menyajikan teori / model penelitian.
  • Dalam seni grafis, konsep transformasi geometric digunakan untk melukis mosaik.
  • Dalam seni musik, barisan bilangan digunakan untuk merancang alat musik.
  • Melalui konsep Fungsi Kalkulus tentang Diferensial dan Integral, dapat dikembangkan menjadi teori Ekonomi Permintaan dan Penawaran.
Dalam kehidupan sehari-hari matematika juga digunakan untuk memecahkan permasalahan yang ada misalnya :
  • Menghitung luas suatu daerah
  • Menghitung kecepatan kendaraan
  • Dalam pertanian, perikanan, perdagangan, dan perindustrian juga digunakan perhitungan menggunakan matematika.
  • Menghitung jarak tempuh dari suatu tempat ke tempat lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar