Kamis, 12 Januari 2017

Filosofi Pohon Kelapa

Pohon Kelapa Sederhana tetapi Mempunyai Banyak Makna


Pohon kelapa bukan hanya sekedar tumbuhan biasa tetapi ia merupakan tumbuhan yang paling banyak memberikan manfaat kepada manusia.
Ketika pohon kelapa telah berdiri tegak dan tumbuh dewasa, kerimbunan dari daunnya mampu mengurangi teriknya sinar matahari serta memberikan semilir angin yang sejuk untuk dinikmati oleh orang yang berada disekitarnya. Begitupun dengan manusia, ketika manusia telah beranjak dewasa sudah seharusnya dia memberikan rasa nyaman akan kedewasaannya itu. Dapat menjadi tempat tumpuan dan selalu berusaha untuk memberikan kebahagiaan bagi orang-orang di sekitarnya.
Daun yang rindang dapat digunakan sebagai kerajinan atau bahan dasar pembuatan ketupat bahkan daunnya juga bisa dijadikan sebuah atap rumah. Selain itu daunnya yang masih muda dapat dimanfaatkan sebagai janur kuning untuk upacara pernikahan dan daunnya yang sudah kering kerontang pun dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk memasak. Tulang daunnya atau yang biasa disebut dengan lidi juga dapat dimanfaatkan sebagai sapu.
Buah kelapa adalah bagian paling banyak berguna bagi manusia. Daging buah muda berwarna putih dan lunak biasa disajikan sebagai es kelapa muda atau es degan. Sementara buah yang setengah tua atau yang sudah tua dapat diolah menjadi bahan masakan. Daging buahnya yang sudah tua menghasilkan banyak santan yang digunakan sebagai bahan berbagai masakan, sebagai bahan dasar pembuatan nata de coco, dapat di olah menjadi minyak kelapa yang baik untuk kecantikan rambut.
Sabutnya yang berupa serat-serat kasar, diperdagangkan sebagai bahan bakar, pengisi jok kursi, keset, serta media tanam bagi anggrek. Tempurung atau batoknya dipakai sebagai bahan bakar, pengganti gayung, wadah minuman, dan bahan baku berbagai bentuk kerajinan tangan.
Batangnya yang kokoh dan besar dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti tiang rumah, berbagai kerajinan dan bisa dijadikan kayu bakar. Akarnya juga dapat di gunakan sebagai bahan pengganti  tanah untuk menanam berbagai tanaman lainnya, sebagai bahan pembuatan sapu, kerajinan unik, dan lain-lain.
Maka hidup lah seperti pohon kelapa, yang mana setiap bagian pada pohon itu berguna bagi banyak orang. Pohon kelapa benar-benar mengajarkan kepada kita bahwa hidup itu harus berguna untuk siapa saja, apapun yang kita miliki di dunia ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk membahagiakan diri sendiri dan orang lain.
Pohon kelapa mampu hidup dalam semua kadaan, baik keadaan kemarau maupun penghujan ia tetap tumbuh seperti biasanya. Begitupun dengan manusia harus bisa hidup baik dalam keadaan susah maupun senang, manusia seharusnya bisa menjalani hidup seperti biasanya. Ketika dalam keaadaan susah kita tidak boleh merasa putus asa, kita harus tetap tegar dan beruasaha untuk mencapai bahagia. Seperti halnya pohon kelapa ketika dalam kondisi kemarau atau kering ia tetap tumbuh kokoh.
Hidup dengan berpegang pada filosofi pohon kelapa dapat membantu kita menjalani kehidupan yang sejahtera, makmur, dan nyaman. Mampu beradaptasi terhadap segala macam kondisi, tegar dan bersemangat menjalani hidup dan suka membantu orang lain dalam menyelesaikan masalah. Kehidupan seperti itu mampu mengantarkan kita menuju manusia yang indah seperti indahnya Pohon-pohon kelapa yang menghiasi pantai negri ini. Namun tidak kalah pentingnya untuk tetap bersyukur kepada Tuhan yang menciptakan kita dan telah memberi kita keindahan tubuh dan alam semesta ini.

Referensi
http://thefilosofi.blogspot.com/2014/06/makna-filosofi-pohon-kelapa-inspirasi.html
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar