Kamis, 12 Januari 2017

Manusia Menjadi Lebih Baik Dengan Masalah

Setiap manusia pasti mempunyai masalah dalam hidupnya, masalah bisa timbul kapan saja, masalah bisa berasal dari orang lain, teman, bahkan keluarga sendiri. Suatu ketika anda mendapatkan masalah, maka bersenanglah, karena orang-orang yang sukses bisa ada karena ia menyelesaikan sebuah permasalahan, seseorang menjadi dewasa setelah menyelesaikan suatu masalah, karena orang tersebut akan belajar dari setiap masalah yang dihadapinya. Semakin besar ia menyelesaikan masalah, semakin kuat ia untuk mendapatkan kesuksesan dan kehidupan. Allâh tidak akan memberikan sebuah permasalahan kepada hamba-Nya melainkan sesuai dengan kemampuanya, tinggal bagaimana cara orang tersebut dalam menyelesaikan sebuah masalah. Apabila seseorang telah berada pada titik terbawah dalam hidupnya, bersyukurlah, karena ia tak ada jalan lain kecuali naik kepada tempat yang lebih baik. Terkadang masalah yang diberikan Allâh kepada kita sangat banyak manfaatnya, akan tetapi kebanyakan kita tidak sabar untuk menemukan hikmah di balik itu semua.
           Positive thinking. Kata inilah yang harus kita miliki dalam jiwa maupun raga untuk menemukan hikmah-hikmah yang terkandung pada sebuah masalah. Bukan hanya kita yang mendapatkan masalah, akan tetapi setiap manusia, bahkan para anbiyā’ wal mursalīn juga mendapatkan masalah. Bahkan masalah yang mereka terima jauh lebih berat dari pada manusia-manusia biasa. Nabi Musa di lahirkan pada masa Fir’aun raja yang dzalim. Nabi Luth diberikan kepadanya kaum yang tidak normal keadaannya. Nabi Nuh diberikan anak yang kufur kepadanya. Nabi Ibrahim diperintahkan untuk menyembelih anak satu-satunya. Nabi Ayub diberikan penyakit sehingga ditinggalkan anak dan istri-istrinya. Nabi Yusuf dilahirkan sebagai adik yang dibenci kakak-kakaknya. Tapi, mereka menjalani semua itu dengan penuh rasa optimis dan yakin tentang takdir yang telah Allâh berikan kepadanya.
             Relax. Hadapilah permasalahan dalam hidup ini penuh dengan senyuman. Menyelesaikan masalah dengan tenang dan yakin terhadap apa yang kita kerjakan. Terkadang sebuah permasalahan bisa timbul dikarenakan perilaku yang buruk, gugup, ceroboh. Semua itu biasanya timbul karena tidak relax dalam melakukan sesuatu. Perasaaan relax menimbulkan ketenangan, hingga merespon ke otak dan menyebabkan kesenangan dalam melaksanakan sesuatu. Jika permasalahan yang kita dapatkan telah selesai, kita akan merasakan sesuatu yang tak bisa diukir dengan kata-kata. Kita akan merasakan kebahagiaan yang sangat di dalam hati, muka akan tampak lebih tenang.

            Tawakal. Apabila masalah datang secara terus-menerus, perhatikanlah pesan yang Allâh berikan kepada kita. Pasti ada permasalahan yang disembunyikan Allâh kepada kita. Timbulkan berfikir positif kepada setiap permasalahan yang datang, ciptakan perilaku relax kepada perilaku setiap kesulitan yang tiba. Setelah semua itu kita kuasai, bertawakAllâh kepada Allâh. Berdo’alah, “Ya Allâh berikanlah hamba-Mu ini yang terbaik bagi-Mu. Terkadang kami berpikir itu baik bagi kami padahal sangat buruk bagi-Mu. Terkadang itu buruk menurut kami padahal sangat baik bagi-Mu untuk kami. Berikanlah kami yang terbaik bagi-Mu untuk kami. Âmîn…Wallāhu a’lamu bi al-shawwāb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar